kota ku kota mu kota kita. ya. kota jogjakarta. biasa di sebut jogja. kota yang asri dan elok ini menjadi salah satu kota kebanggaan indonesia. mengapa?? karena dahulu kota ini sempat menjadi ibukota negara tercinta kita ini Indonesia.
kota jogja menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi para turis dari mancanegara maupun dari domestik sendiri. wonderfull banged ya.. padahal jogja merupakan provinsi yang kecil wilayahnya namun memiliki banyak aset budaya. kuliner di kota ini juga tidak kalah dengan humberger nya orang barat. banyak aktivitas yang bisa dilakukan di kota ini.
kota ini penuh kenangan, jangan heran kalau banyak turis yang selalu singgah beberapa kali di kota ini.
pendidikan di kota ini sangat maju. mulai dari SD , SMP, SMA , Universitas, lengkap di sini. makanya kota ini dinamakan kota pelajar. hampir setiap hari kota ini tidak pernah tidur dari kesibukan belajar. apalagi mahasiswa yang dari bangun tidur sampai tidur lagi pasti mencari-cari tugas, eh maksud nya mengerjakan tugas di dalam ataupun luar kampus.
begitulah jogja, namun taukah sisi lain kota jogja. letaknya sedikit jauh dari pusat kota. tempat yang lumayan asing bagi ku. tempat apa ini???aku juga tidak mengira. sebuah tempat penting namun di sebelah matakan. di tempat ini banyak orang mencari rizky. banyak hewan yang mengais-ngais makanan. aneh nya kenapa hewan-hewan itu betah?? apa mereka tidak terserang penyakit?? tapi kayak nya disini sudah jadi kebiasaan hewan-hewan tersebut di lepas biarkan untuk mencari makan. tidak kecil hewannya. ada sapi-sapi dan kambing-kambing. biasanya mereka makan dedaunan, tapi di sini mereka di hadapkan pada sampah. karena tempat ini adalah tempat pembuangan sampah. pentig banget kalau kalian tau. gak ada TPA(tempat pembuangan sampah) lalu kemana kita akan membuang sampah kita?? tempat itu penting sekali bagi kita.
Flashback dulu ya.. pada 11 oktober  hari jum’at saya di ajak ke sebuah desa tempatnya di bantul, namanya desa Piyungan. Disana ada pegunungan sampah. Disini kegiatan saya adalah survey rute buat acara jalan Santai dan aksos. Rute jalan yang kami lalui sekitar 1 kilometer. Lumayan cukup jauh, namun pemandangan di perjalanan masih sangat asri. Sawah-sawah hijau menjadi suatu hadiah bagi saya yang jarang ke sawah. Jalan setapak yang sudah halus dan rata sehingga enak dilewati. Cukup capek juga rasanya jalan-jalan. Namun rasaanya juga melatih otot-otot saya yang kurang sering olahraga.
Nah setelah jalan-jalan saya dan teman-teman singggah lagi d masjid. Ada kejadian lucu nie. Sebelum sampai di masjid. Saya dan teman-teman bertemu dengan sapi. Sapi-sapi tersebut sedang makan rumput di pinggiran jalan. Ya maklum namanya juga sapi, naluri alamiah buat makan rumput juga ada walaupun kebanyakan disini makan sampah. Kemudian pas saya dan teman-teman lewat, sapinya ternyata melotot ke arah kita. Makin takut kan?? Kemudian saya yang takut duluan langsung lari kaya di kejar kuda yang lagi marah. Walah ya sudah sapinya pun ikutan lari tunggang langgang mengejar kami. Walah ya ampun.... sapinya sungguh sangat terlalu.
Setelah kami solat dan macit-macit sebagainya. Kita pun langsung bergegas pulang. Bye bye sapi. Penuh kenangan saya denganmu,^^
Devi Ratna Sari / Pendidikan Kimia 2013 / SDP Sos-hum