Minggu, 23 Februari 2014



Awal tahun 2014 ini, FMIPA UNY menerima kunjungan dari mahasiswa Universitas Putra Malaysia (UPM). Mahasiswa UPM yang berkunjung ke UNY merupakan mahasiswa dari  jurusan Pendidikan Kimia. Mahasiswa UPM tersebut berjumlah 30 orang, dengan spesifikasi  21 mahasiswa perempuan dan 9 mahasiswa laki-laki. Kunjungan ini direncanakan berlangsung selama 7 hari, yaitu mulai tanggal 9 Februari 2014 hingga 15 Februari 2014.

Universitas Putra Malaysia (UPM) sendiri merupakan sebuah Perguruan Tinggi di Malaysia yang lokasinya terletak di salah satu negara bagian malaysia, yaitu Selangor. UPM merupakan perguruan tinggi yang telah berdiri sejak tahun 1971 dan memiliki 17 Fakultas, dimana program studi yang dimiliki telah mencakup berbagai disiplin ilmu seperti teknik, kedokteran, sains murni, ekonomi, manajemen, pendidikan, bahasa, dan komunikasi. 

Mahasiswa Universitas Putra Malaysia (UPM) tiba di Yogyakarta dalam 2 tahap kedatangan, yaitu 15 mahasiswa pada hari minggu, dan 15 mahasiswa pada hari senin. Mahasiswa UPM yang berkunjung ke Yogyakarta ditempatkan di Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) yang beralamat di Jalan Kyai Mojo, Yogyakarta. Mahasiswa UPM diberikan waktu istirahat selama 1 hari untuk memulihkan kondisi tubuh setelah menjalani perjalanan panjang dari Malaysia ke Indonesia.

Dalam kunjungannya di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), mahasiswa UPM dibersamai oleh mahasiswa yang tergabung dalam organisasi BEM FMIPA UNY dan HIMA Kimia FMIPA UNY dalam menjalani aktivitasnya di lingkungan Universitas Negeri Yogyakarta. Upacara pembukaan (Opening Ceremony) penyambutan rombongan mahasiswa UPM ini diadakan di GOR UNY, pada hari selasa 11 Februari 2014. Acara yang dijalani oleh mahasiswa UPM selama di UNY cukup bervariasi mulai dari acara di internal UNY hingga ke luar UNY. 

Serangkaian acara yang dijalani mahasiswa UPM di internal kampus UNY diantaranya adalah mereka berkesempatan untuk mengikuti kegiatan kuliah di FMIPA UNY. Selain itu, mahasiswa UPM juga diajak untuk bekeliling melihat berbagai lokasi yang terdapat di lingkungan sekitar kampus UNY. Salah satu tempat kunjungan dalam jalan-jalan ini adalah mengunjungi Museum Pendidikan Indonesia yang terletak di dekat Kantor Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), SC-Teater di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), juga mengunjungi GOR UNY. Mahasiswa UPM terlihat sangat antusias dalam acara di internal UNY ini. Hal itu terlihat dari perilaku mahasiswa UPM yang sangat rileks dalam mengikuti rangkaian kegiatan, juga selalu berfoto di setiap momen yang ada.

Agar tidak jenuh menjalani kegiatan di internal UNY, mahasiswa UPM diajak untuk mengunjungi Universitas lain yang terletak di Yogyakarta. Universitas pertama yang dikunjungi adalah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Di UIN Sunan Kalijaga, mahasiswa UPM dapat berkenalan dengan mahasiswa prodi Pendidikan Kimia dan prodi Kimia UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Mereka juga berkesempatan untuk melihat laboratorium, perpustakaan, juga masjid di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Untuk mengabadikan momen persahabatan antara mahasiswa UIN, UNY, dan UPM, kami berfoto bersama didepan Fakultas Saintek UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Selain megunjungi UIN Sunan Kalijaga, mahasiswa UPM juga diajak mengunjungi Universitas Gadjah Mada (UGM). Di UGM, mahasiswa UPM juga dapat mengenal tentang sistem pendidikan, laboratorium, dan tempat-tempat penunjang kegiatan kuliah lain di UGM. Antusiasme mahasiswa UPM saat berkunjung ke UGM juga sangat besar.

Agar tidak bosan dengan kegiatan yang berbau kampus, mahasiswa UPM juga diajak untuk jalan-jalan mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di sekitar Yogyakarta. Mahasiswa UPM diajak mengunjungi berbagai tempat wisata di Yogyakarta dan sekitarnya. Selain mengunjungi tempat wisata, mahasiswa UPM juga diajak untuk bermain futsal bersama dengan teman-teman dari UNY dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 

Dari berbagai kegiatan yang dilalui bersama, dapat disimpulkan bahwa meskipun keadaan politik kedua negara sering ‘adem panas’, namun hubungan antara mahasiswa Indonesia dan Malaysia dapat berjalan dengan baik dan persaudaraan yang sangat kuat.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi website resmi Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA UNY
"Himaki 2017, Siapkan Diri Bersama Menginspirasi"

AGENDA HIMAKI

AGENDA HIMAKI
SEMINAR NASIONAL KIMIA 2018

GALERI HIMAKI

GALERI HIMAKI
Dokumentasi Agenda Himaki
HIMAKI UNY. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Follow by Email

Pengunjung 2018

admin

Arvian : 085741331362

Entri Populer