Senin, 23 Juni 2014



Indonesia chemistry expo merupakan salah satu program kerja dari Ikahimki nasional yang dilaksanakan di Universitas Islam Indonesia. Indonesia chemistry expo sendiri dilaksanakan selama 5 hari dan diikuti oleh semua himpunan kimia yang tergabung sebagai anggota ikahimki. Ikahimki atau Ikatan Himpunan Mahasiswa Kimia Indonesia memiliki banyak program baik yang berada di tingkat nasional maupun wilayah. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 16-19 April 2014 yang terdiri dari berbagai rangkaian acara, baik yang diperuntukkan untuk mahasiswa peserta delegasi, anak-anak SMA/SMK/Ma, guru-guru kimia, mahasiswa umum, maupun masyarakat luas.
Acara pada indonesia chemistry expo memiliki tema dedikasi kimia untuk negeri yang memiliki arti bahwa ilmu kimia dapat dimanfaatkan untuk kepentingan negeri ini untuk menjadi negara yang lebih maju lagi baik di bidang kesehatan, pendidikan, pangan, perekonomian, pertahanan, dan sebagainya. Melalui pengembangan ilmu kimia yang lebih modern, maka aspek-aspek kehidupan yang lain dapat ikut berkembang. Dalam acara ini terdiri dari rangkaian acara yaitu mulai dari opening ceremony, chemistry expo, olimpiade kimia indonesia (OKI), seminar nasional, talkshow, workshop, stand up comedy, dan ditutup dengan field trip. Sebelum acara opening ceremony, panitia kegiatan melakukan technical meeting yang dilaksanakan pada hari selasa, tanggal 15 April 2014. Acara ini sendiri dibuka langsung oleh Rektor UII di halaman depan auditorium Kahar Mudzakir UII. Setelah acara pembukaan atau opening ceremony dilanjutkan pawai seluruh peserta ICE 2014 dari kampus terpadu UII di jalan kaliurang sampai malioboro.
Pada hari berikutnya yang merupakan hari pertama dari pelaksanaan ICE 2014, dimulai dengan acara seminar nasional yang bertema tentang minyak atsiri dengan tiga pembicara yang handal mengenai minyak atsiri. Pemilihan tema minyak atsiri ini didasarkan pada latar belakang UII yang memiliki usaha-usaha dalam pengolahan minyak atsiri. Seminar ini selesai pada jam 17.10 dan ditutup dengan sesi tanya jawab. Pada hari yang sama juga dilaksanakan talkshow tentang minyak atsiri dan babak penyisihan OKI. Babak penyisihan OKI sendiri dilaksanakan di perpustakaan pusat UII  dimana terbagi menjadi dua sesi penyisihan. Sesi pertama para peserta mengerjakan soal-soal pilihan ganda dan sesi kedua mnengerjakan soal esai. Acara babak penyisihan OKI ditutup pada pukul 12.00 dan pengumuman 10 besar dilaksanakan pada pukul 13.00.
Pada hari berikutnya yaitu kamis, 17 April 2014 acara terdiri dari workshop minyak atsiri, dan babak praktikum OKI. Workshop dilaksanakan di ruang sidang 2 kampus UII yaitu dari pukul 09.00 sampai 12.00. Selanjutnya praktek minyak atsiri yang dilakukan di CEOS UII. Dalam hal ini para peserta dapat melihat proses destilasi untuk mendapatkan minyak atsiri dari berbagai bahan alam seperti jahe, sereh, daun nilam, daun salam, ekaliptus dan sebagainya. Sedangkan pada kegiatan praktikum OKI, para peserta melakukan suatu praktikum dan dilanjutkan penyusunan laporan untuk diseleksi menjadi 5 besar. Pengumuman 5 besar sendri dilakukan pada pukul 17.20.
Pada hari berikutnya yaitu jumat 18 April 2014, acara ICE 2014 terdiri dari workshop instrumen, lomba stand up comedy, dan babak final OKI. Workshop instrumen yaitu pelatihan instrumen-instrumen kimia seperti GC-MS, HPLC, dan electro-analyzer. Pada babak final OKI  peserta melaksanakan ringing bell. Pada hari berikutnya yaitu sabtu, acara penutup yaitu field trip ke museum merapi, borobudur, kraton, dan malioboro.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi website resmi Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA UNY
"Hima Kimia 2018, Kembangkan Diri, Berdedikasi, Wujudkan Himaki Jaya"

AGENDA HIMAKI

AGENDA HIMAKI
DIES NATALIS JURUSAN PENDIDIKAN KIMIA KE 62

GALERI HIMAKI

GALERI HIMAKI
Dokumentasi Agenda Himaki
HIMAKI UNY. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Pengunjung 2018

admin

Arvian : 085741331362

Entri Populer