Sabtu, 28 Juni 2014











Jaringan kulit manusia adalah bagian dari tubuh yang mempunyai fungsi sangat vital. Salah satunya, kulit berfungsi melindungi jaringan tubuh yang berada di bawahnya. Ketika kulit kita terluka, tentu saja akan menimbulkan masalah. Kulit terasa sakit dan perih, sehingga mengganggu aktifitas sehari-hari.
Di zaman yang semakin canggih dan maju ini, semakin banyak ditawarkan obat-obatan untuk segala jenis penyakit. Dalam berbagai nama dan jenis obat-obatan tersebut seringkali masyarakat kurang mengetahui betul apa kandungan dan manfaatnya. Untuk itu masyarakat harus selektif dalam memilih obat yang tepat untuk memulihkan penyakit yang dideritanya.
Pada penelitian sebelumnya, hasil uji cairan getah batang pisang mengandung beberapa zat antara lain saponin, antrakuinon, dan kuinon yang dapat berfungsi sebagai antibiotik dan penghilang rasa sakit.   
Batang pisang belum banyak dimanfaatkan sebagian masyarakat, karena satu pohon pisang hanya bisa sekali berbuah. Ketika buahnya sudah matang, pohon pisang tersebut akan ditebang. Kesempatan ini digunakan oleh mahasiswa FMIPA UNY untuk memanfaatkan getah yang terkandung dalam batang pisang sebagai obat untuk mempercepat pengeringan pada luka dengan mengajukan PKM-P Dikti tahun 2014 ini.
“Belum banyak yang berinisiatif untuk memanfaatkan batang pisang sebagai obat, maka kami mencoba untuk membuat sesuatu yang berguna dari batang pisang tersebut, salah satunya yaitu dengan membuat obat luka luar, kami mengemasnya dalam bentuk salep agar lebih praktis.  Alhamdulillah kami diberikan kesempatan untuk mencoba membuat obat tersebut dengan lolosnya usulan PKM kami yang kami ajukan ke Dikti”, ungkap Winarta Rizki, ketua kelompok PKM-P dari Kimia FMIPA UNY. Kelompok PKM-P ini terdiri dari empat mahasiswa jurusan pendidikan kimia FMIPA UNY.
Para mahasiswa ini berharap penelitian yang mereka lakukan dapat berhasil, sehingga mereka dapat membuat sesuatu yang bermanfaat.



2 komentar:

Terimakasih telah mengunjungi website resmi Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA UNY
"Hima Kimia 2018, Kembangkan Diri, Berdedikasi, Wujudkan Himaki Jaya"

AGENDA HIMAKI

AGENDA HIMAKI
DIES NATALIS JURUSAN PENDIDIKAN KIMIA KE 62

GALERI HIMAKI

GALERI HIMAKI
Dokumentasi Agenda Himaki
HIMAKI UNY. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Pengunjung 2018

admin

Arvian : 085741331362

Entri Populer