Selasa, 19 September 2017

2. SLK#1 dan Diklat Instrumentasi Dasar (DID)

Terdapat banyak kisah yang melatarbelakangi mahasiswa baru Jurdik Kimia UNY untuk memilih Kampus Biru MIPA sebagai titik baru perjalanan hidupnya. Ada yang karena “terlempar” dari pilihan awal, masih bingung dan akhirnya coba-coba, saran dari orang tua dan guru, maupun bisa juga karena memang murni keinginan sendiri. Apapun alasannya, semua tidak ada yang kebetulan. Semua itu sudah digariskan. Meskipun mungkin hati belum berada di sini namun cobalah untuk menjalani. Siapa yang menduga jika ternyata Tuhan telah menyiapkan rencana-Nya yang lebih indah?
Suasana yang hangat dan penuh khidmat itu sangat terasa saat hari pertama SLK yang jatuh pada, Selasa 29 Agustus 2017. Para jajaran birokrasi Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY menyapa para mahasiswa baru untuk pertama kali. Beliau-beliau adalah Bapak Jaslin Ikhsan (Kajurdik Jurdik Kimia dan Kaprodi Kimia), Ibu Anggiyani REN dan Ibu Dina (Pembimbing HIMA Kimia periode 2017), serta hadir pula Ketua HIMA Kimia 2017, Rosyid Shidiq Hidayatulloh. Dengan gaya bahasanya yang khas, ringan, bijaksana namun tidak terkesan menggurui, Pak Jaslin (sapaan beliau) memberikan sedikit selayang pandang kepada para mahasiswa baru. Apa saja yang harus dilakukan oleh mahasiswa, bagaimana menjalani kehidupan kampus, apa saja tantangan di masa depan, dan lain-lain. Hingga akhirnya dilakukan pengalungan co-card kepada perwakilan mahasiswa baru sebagai tanda resmi diterimanya anggota keluarga baru Jurdik Kimia UNY dan membuka rangkaian kegiatan SLK.
Selanjutnya, agenda SLK#1 dilanjutkan dengan adanya DID (Diklat Instrumentasi Dasar). Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan Laboratorium Kimia UNY kepada para mahasiswa baru. Dalam DID ini, mahasiswa baru dikenalkan berbagai alat dan instrumen yang akan digunakan ketika praktikum. Teknis dari kegiatan ini adalah para maba ditunjukkan laboratorium per bidang keahlian (misal Lab. Kimia Organik dan Biokimia), kemudian di setiap laboratorium telah ada tutor yang akan menjelaskan kegunaan maupun cara kerja alat laboratorium yang bersangkutan. Kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat dan menunjang kegiatan perkuliahan. Mengapa mahasiswa baru perlu diberikan kegiatan semacam DID? Hal ini agar mahasiswa baru sudah siap dan akrab dengan berbagai alat yang akan dihadapi ketika praktikum. Detail alat maupun tanda bahaya dapat pula dilihat di Orbital (tabloid kimia khusus mahasiswa baru) yang telah dibagikan sewaktu registrasi di pagi hari.
 Dengan berakhirnya DID menandakan berakhirnya pula SLK hari pertama.
3. SLK#2


Perjalanan Maba berikutnya berlanjut pada SLK#2 yang diselenggaralan pada Rabu, 30 Agustus 2017 di Lobby Laboratorium FMIPA UNY. Pada hari tersebut agenda utamanya adalah materi adat dan tata cara SMS & medsos dosen, saresehan dan materi keorganisasian, perkenalan pengurus HIMA Kimia 2017, dan Stadium General Student Development Program (SDP) serta materi PKM (pada SDP Research).
Dengan agenda yang sepanjang itu, maba digembleng dan dibekali berbagai keterampilan dalam berkehidupan sosial di kampus. Hal ini bertujuan agar para maba tidak hanya memiliki kemampuan di bidang kognitif saja tapi juga mengembangkan softskill-nya di bidang afektif dan psikomotorik. Memang menjadi mahasiswa tidak hanya dituntut untuk menjadi insan yang memiliki kecerdasan semata namun juga memiliki karakter. Apalagi mahasiswa yang selalu digadang menjadi agent of change. Menimba ilmu di bangku kuliah memang sangat penting, akan tetapi milikilah ilmu dengan lebih luas. Temukan dirimu, kamu adalah apa yang kamu percayai. Apabila dulu sewaktu di sekolah kalian masih belum menemukan “diri” kalian, segera bentuk diri kalian mulai saat ini.
Di stadium general SDP, maba dikelompokkan ke dalam 7 SDP yang mereka pilih sendiri melalui angket online ketika melakukan registrasi. Ketujuh SDP tersebut adalah Leadership, Entrepreneur, Public Relation, Research, Social, Journalistic, serta Sport and Art. Ketujuh SDP tersebut sebenarnya merepresentasikan divisi dan departemen yang ada di HIMA Kimia 2017. Oleh karena itu yang mengisi SG SDP ini adalah pengurus dari divisi atau departemen yang bersangkutan. SDP ini memang bertujuan salah satunya sebagai kaderisasi dari HIMA Kimia sendiri. Selain tujuan utamanya adalah menampung, memfasilitasi, dan mengembangkan minat bakat maba Jurdik Kimia.
Ibarat gelas kosong yang diisi air, maba Jurdik Kimia terus menerus dibekali ilmu-ilmu baru. Tentunya semoga menjadi ilmu yang bermanfaat. Kegiatan pada hari tersebut akhirnya berakhir pada pertengahan sore yang syahdu. Tapi tantangan yang harus mereka hadapi belum berhenti sampai di situ. Petualangan selanjutnya masih menunggu.
Bersambung…

(NMA)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi website resmi Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA UNY
"Hima Kimia 2018, Kembangkan Diri, Berdedikasi, Wujudkan Himaki Jaya"

AGENDA HIMAKI

AGENDA HIMAKI
DIES NATALIS JURUSAN PENDIDIKAN KIMIA KE 62

GALERI HIMAKI

GALERI HIMAKI
Dokumentasi Agenda Himaki
HIMAKI UNY. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Pengunjung 2018

admin

Arvian : 085741331362

Entri Populer