Minggu, 19 Mei 2019

Hasil Notulensi Dialog Jurusan 2019 yang di laksanakan pada Jum’at, 10 Mei 2019 di Ruang Sidang 2 FMIPA UNY sebagai berikut :

1.Stude exchange
Mahasiswa dapat mendaftarkan diri pada jurusan. Mahasiswa juga dapat mengikuti student exchange diluar program dari Universitas ataupun fakultas dengan syarat mata kuliah pada student exchange setara atau sesuai dengan mata kuliah yang diambil. Biaya student exchange apabila program tersebut dari Universitas, maka akan mendapatkan dana transport, visa, dan biaya hidup ditanggung oleh universitas yang diambil. Bagi kelas internasional diganti menjadi kelas unggulan. Kelas unggulan maupun reguler berkesempatan mengikuti student exchange apabila memenuhi syarat.

2.Semester Pendek (SP)
Semester pendek pada tahun 2019 masih tetap dilaksanakan. Semester pendek diadakan hanya untuk mengulang mata kuliah pada semester sebelum-sebelumnya. Pada semester pendek tidak boleh mengambil mata kuliah atas karena apabila mata kuliah ada praktikumnya tidak bisa diselesaikan dalam waktu 2 bulan. Tetapi, apabila waktu belajar sudah sampai 5 tahun baru boleh mengikuti mata kuliah atas pada semester pendek atau semester khusus.

3. Kunjungan Industri (KI)
Kunjungan industri wajib dilakukan karena penting bagi mahasiswa yang dapat mengambil pelajaran di kunjungan industri. Kunjungan industry menjadi syarat ujian skripsi dan ada sertifikatnya. Bagi yang tidak mengikuti kunjungan industri tidak dapat mengikuti ujian skripsi.

4. Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)
KKN wajib dilakukan pada semester 7. KKN tidak mengganggu kegiatan perkulihan karena tidak ada mata kuliah yang dimulai bersamaan dengan jadwal KKN. Ada 4 mata kuliah yaitu 2 teori dan 2 praktik.  Pada saat pelaksanaan KKN tidak boleh izin selama sebulan penuh, apabila bersamaan dengan waktu perkuliahan dari pihak universitas mengajukan kuliah online saat KKN dengan 1 bulan kuliah tatap muka. Pada kurikulum 2014, PLP atau PPL diajukan di semester khusus. Waktu pelaksanaan PLP dilaksanakan pada bulan pertama masuk perkuliahan semester gasal. Jadwal PLP yang bersamaan dengan waktu perkuliahan akan diganti di hari Jumat dan dapat digantikan dengan kuliah online.

5.Asisten praktikum
Salah satu syarat yudisium yaitu asisten praktikum. Asisten praktikum menjadi syarat yudisium karena dapat menjadi bekal ketika menjadi guru bahwa pembelajaran harus ada praktikum. Sistem pendaftaran asisten praktikum pada semester kemarin berbeda dengan sebelum-sebelumnya karena laboran yang mengurusi asisten praktikum sudah tidak bekerja lagi, maka pendaftaran asisten praktikum yang dulu dibuka secara online sekarang dilakukan secara offline.

6. Mata kuliah
Materi kuliah di setiap kelas sudah ada di Rencana Pembelajaran Semester (RPS) idealnya materi setiap kelas sama tergantung penyampaiannya. Untuk pengajarnya sudah diatur dalam KBK (Kelompok Bidang Keahlian). Untuk pengajar masih menggunakan RPS yang sama, hanya terkadang ditambah dari sumber yang lain.

7.Laboran
Mahasiswa saat melakukan penelitian tidak ada kewajiban untuk memberikan upah kepada laboran, karena bahan-bahan sudah ada di laboratorium. Tugas laboran menyiapkan kebutuhan praktikum mahasiswa sampai lulus.

8. Standar Operasional Prosedur (SOP)
SOP dilakukan oleh dosen sebagai pembelajaran revolusi 4.0, maka pembelajaran ini dilakukan dengan beberapa mata kuliah yang didesain dengan online. Hal ini dilakukan sebagai uji coba dalam penelitian, jika baik akan diteruskan dan jika tidak baik akan tidak diteruskan.

9. Praktik Kerja Lapanga (PKL)
Pada kurikulum 2019, PKL diadakan pada semester 7 dan pada kurikulum 2014, PKL juga dilakukan di semester 7 tetapi pelaksanaanya dimajukan karena untuk mengantisipasi apabila ada hambatan pengulangan agar tidak dilakukan di semester 9.

10.Dana IKK
Bentuk dana IKK ada banyak, salah satunya untuk menambah koleksi buku di perpustakaan, karena di perpustakaan masih kekurangan buku. Untuk sumbangan uang diserahkan kepada bendahara Bu Dewi. Uangnya tidak digunakan untuk apa-apa, apabila ada seminar maka dana disumbangkan untuk seminar internasional dan juga untuk kegiatan mahasiswa yang menggunakan dana tersebut. Apabila ada kegiatan besar yang mengundang alumni bisa diajukan menggunakan dana IKK dengan syarat alumni mengisi seminar.


11. Dana UPPA
Dana UPPA antarjurusan tidak sama. Uang yang dipegang fakultas sudah diajukan untuk membeli alat-alat praktikum. Pada tahun 2018, tidak dilakukan pembelian alat-alat, karena waktu pengadaan barang tidak mencukupi. Pada pengadaan barang ada aturannya dan tahun 2019 akan dilakukan pengadaan barang kembali.


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi website resmi Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA UNY
"Hima Kimia 2018, Kembangkan Diri, Berdedikasi, Wujudkan Himaki Jaya"

AGENDA HIMAKI

AGENDA HIMAKI
Dialog Jurusan

GALERI HIMAKI

GALERI HIMAKI
Dokumentasi Agenda Himaki
HIMAKI UNY. Diberdayakan oleh Blogger.

Open Karya

Admin

Arvian : 085741331362

Arsip Blog

Total pengunjung


Web Counters