• Kepoin tentang sampah plastik yukk

    Ada Apa Dengan Sampah Plastik?




    Tips and Trik Mengurangi Sampah Plastik
    Hayoo siapa yang sering jajan terus makanannya dibungkus pakai plastik? Hayo hayo hayoo..

    Jadi begini teman, tak kasih tahu sedikit berita yang mungkin sudah kalian ketahui. Sampah plastik itu menyumbang lebih dari separuh dari penyebab kerusakan di muka bumi ini. Mari kita lihat lingkungan sekitar kita dulu.
    Ada berapa banyak sampah plastik di tong sampah di kos? Lalu bagaimana dengan kamar tetangga? Jika digabungkan dengan satu RT? Bagaimana dengan satu kabupaten, dan provinsi? Begitu banyak sampah plastik yang dihasilkan bukan?

    Lalu kita sendiri kan juga sudah tahu bahwa sampah plastik sangat sulit terurai, bahkan perlu waktu hingga berjuta-juta tahun untuk dapat terurai. Hmmm.. mengerikan bukan? Tidak mau bukan kalau kita mewariskan platik ke anak cucu kita di masa depan?

    Lalu bagaimana cara kita untuk mengurangi penggunaan sampah plastik?
    Mari kita bahas bersama

    1. Biasakan bawa air minum dengan botol yang bukan sekali pakai.
    Air minum dalam kemasan memang sangat praktis terutama untuk kita yang malas membawa air minum sendiri. Tapi dengan demikian, kita juga turut menyumbangkan satu buah sampah botol plastik perharinya. Kalau terpaksa membeli air minum dalam kemasan, usahakan membawa pulang botolnya untuk dibuat sesuatu yang lebih bermanfaat seperti pot tanaman.

    2. Dine-in atau makan di tempat.
    Yang suka jajan bakso atau mie ayam pasti sering kan ya melihat pembeli yang membungkus? Nah coba dihitung ada berapa plastik yang digunakan untuk membungkus satu porsinya? Kuahnya satu buah, mie satu buah, sambal saos dan kecap masing-masing satu buah ehehehe. Jadi lebih baik makan di tempat kan?

    3. Beli cilok atau batagor bawa tempat sendiri.
    Ini nih biasanya yang jajan di depan kopma XD. Sekali-kali pakai plastik tidak papa, tetapi jangan terlalu sering ya. Lebih baik bawa tempat sendiri ya, tempat makan. Salain mengurangi sampah plastik, juga mengurangi pengeluaran akang ciloknya untuk membeli plastik.

    4. Asah kreatifitasmu dengan barang bekas
    Siapa yang tidak kenal dengan kerajinan barang bekas? Apa sih yang tidak bisa dibuat oleh tangan-tangan kreatif dengan bermodalkan barang bekas. Contohnya dengan sedotan bekas atau botol bekas. Kalau karya yang dibuat begitu menarik kan dapat dipajang di kamar atau dijual. Lumayan untuk menambah penghasilan.

    Nah itu beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi sampah plastik. Tetap ingat selalu terapkan prinsip 3R ya. Reduce, Reuse, dan Recycle.

    Yuk cintai bumi kita untuk masa depan.
  • 0 Comments:

    Posting Komentar

    Terimakasih telah mengunjungi website resmi Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA UNY

    ACHIEVEMENTS

    Demi Memajukan Jurdik Kimia FMIPA UNY

    46

    Program Kerja

    700+

    Anggota

    52

    Staff Himaki

    15921

    Pengunjung Website