• Nasional Chemistry Fair NaCF 2019

    NaCF 2019 : Final Chemistry Competition 2019 dan Seminar Nasional Kimia 2019

    Rangkaian acara NaCF 2019 telah terlaksana pada hari Jumat (15/3) dan Sabtu (16/3), yang ditutup dengan acara puncak yaitu Seminar Nasional Kimia 2019.

    Pada hari pertama, dilaksanakan Final Chemistry Competition (CeC) 2019 yang terdiri dari dua macam lomba, yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Final Olimpiade Kimia . Kedua lomba ini dilaksanakan di Gedung D07 dan Gedung IDB Lab Terpadu FMIPA UNY. Final (LKTI) sendiri merupakan presentasi dari full paper  yang telah dikirimkan oleh para peserta yang sudah lolos dalam penjurian abstrak. Tentunya tidak semua peserta yang lolos penjurian abstrak dapat masuk ke babak presentasi. Dalam acara final ini hanya dipilih 10 karya terbaik yang semuanya dipilih oleh kedua juri LKTI.

    Pada waktu yang bersamaan dilaksanakan Final Olimpiade Kimia yang pesertanya merupakan 50 orang putra putri terbaik daerah yang telah diseleksi pada babak Penyisihan Regional yang telah terlaksana satu bulan sebelumnya, tepatnya pada Sabtu (16/2). Final Olimpiade Kimia terdiri dari tiga babak. Pertama yaitu Babak Penyisihan, dimana dari 50 finalis yang sudah lolos seleksi regional akan mengerjakan soal Olimpiade babak penyisihan, dan akan diambil 10 anak dengan skor tertinggi untuk melanjutkan ke babak berikutnya. Kedua yaitu Babak Praktikum, dimana 10 finalis dengan skor tertinggi akan dinilai keterampilannya dalam melakukan praktikum. Babak Praktikum dilakukan di Laboratorium Kimia Analisis FMIPA. Sementara finalis yang tidak lolos ke Babak Praktikum akan melakukan CFF atau Chemistry For Fun, yang isinya merupakan permainan aplikatif dari konsep-konsep kimia yang telah diajarkan.

    Dari finalis yang lolos ke Babak Praktikum, akan diambil 5 orang dengan skor tertinggi untuk melanjutkan ke babak terakhir yaitu Babak Lomba Cerdas Cermat (LCC). Di babak LCC ini sendiri, terdiri dari tiga babak, yaitu Babak Wajib, Babak Lemparan, dan Babak Rebutan. Di setiap babak, finalis akan diberikan pertanyaan-pertanyaan yang dibacakan oleh MC, yang kemudian akan dijawab dalam waktu 30 detik oleh tiap finalis. Skor Babak LCC ini akan diakulasikan dengan kedua babak sebelumnya untuk menentukan siapa juara 1 dari Chemistry Competition 2019 ini.

    Juara pertama dari Chemistry Competition adalah Bakuh Danang Setyo Budi dari SMA Semesta BBS, juara kedua diraih oleh Daniella Nadia Prijadi dari SMA Stella Duce 1 Yogyakarta, juara ketiga diraih oleh Kent Audric Sugiharto dari SMA Kolese Loyola, harapan 1 diraih oleh Prima Adnan Syafi'i dari SMA Taruna Nusantara, dan harapan 2 diraih oleh Grace Rose Mary Yohanes dari SMA Kolese Loyola.

    Sementara untuk LKTI sendiri diumumkan pada saat Seminar Nasional Kimia 2019 keesokan harinya.
    Pada hari berikutnya, dilaksanakan Seminar Nasional Kimia dengan tema : Pemberdayaan SDA berbasis inovasi teknologi melalui ilmu kimia dan pendidikan kimia dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 . Dengan 2 pembicara dan satu Key Note Speaker.
    Pembicara pertama yaitu Prof. Herman Dwi Surjono, M.Sc, M.T, Ph.D., beliau merupakan Guru Besar Pendidikan Teknik Elektronika UNY. Pembicara kedua yaitu Prof. Dr. Ir. Purwanto, DEA., beliau merupakan Guru Besar Teknik Kimia UNDIP. Dan Key Note Speaker yaitu Dr. Sadjuga, M.Sc, beliau merupakan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti.

    Dalam acara ini pula, diumumkan juara dari Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Chemistry Competition 2019.
  • 0 Comments:

    Posting Komentar

    Terimakasih telah mengunjungi website resmi Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA UNY

    ACHIEVEMENTS

    Demi Memajukan Jurdik Kimia FMIPA UNY

    46

    Program Kerja

    700+

    Anggota

    52

    Staff Himaki

    15921

    Pengunjung Website