• Butuh Refresing? Coba Kunjungi Tempat Ini

    Selamat malam para penikmat liburan. Sudahkah Anda melepas stres Anda? Segera lah lepaskan, tinggalkan dan lupakan karena melepaskan itu lebih baik dari pada menunggu tanpa kepastian. Upss. Bukan, bukan itu. Stres dapat menimbulkan beberapa efek negatif di dalam diri kita secara jasmani maupun rohani. Contohnya dapat menimbulkan masalah pada pencernaan, jerawat pada kulit, masalah pada Jantung, menurunnya sistem kekebalan tubuh dan lain-lain. 

    Oleh karena itu penulis artikel yang sedang Anda baca ini menganjurkan Anda untuk segera mengambil refreshing dan menjauhi stres. Nah tujuan utama penulis menulis artikel ini adalah untuk mengenalkan beberapa tempat wisata yang sudah banyak menjadi sorotan para nitizen masa kini. Beberapa tempat ini juga direkomendasikan untuk Anda dari yang sibuk sampai yang selo alias gabut. Berikut adalah ulasannya:

    1. Umbul Sidomukti
    Umbul Sidomukti merupakan salah satu Kawasan wisata Pegunungan yang sudah sangat terkenal di Semarang, terletak di lereng gunung ungaran dengan ketinggian 1200 dpl, tepatnya berada di Desa Sidomukti, Bandungan - Semarang sehingga kawasan wisata ini memiliki pemandangan yang luar biasa terutama dari kolam renang alaminya. 

    Dalam area wisatanya sendiri luas dan terdapat banyak tempat di dalamnya, yang paling menarik dari Umbul Sidomukti sebenarnya adalah kolam renangnya, dan saat ini telah ada empat buah kolam renang yang disusun bertingkat dan berbeda kedalamannya. Airnya dingin, jernih dan menyegarkan. Selain itu di area ini juga sudah dibangun penginapan Pondok Wisata dan juga Pondok Panorama, Restaurant Pondok Lesehan, Cafe Pondok Kopi, Camping Ground dan fasilitas outbond yang berupa wahana permainan menantang keberanian, di antaranya flying fox, Marine bridge, Higest Triangle (Magic Box, Badui Bridge, stick Bridge), rapeling menuruni lembah sisi kolam, ATV, bersepeda, berkuda, jalur trekking dan Goa Tirta Mulya. Selain itu buat kamu yang hobi paralayang ada juga tempatnya lho di sini. Di dalam wisata ini juga terdapat banyak spot foto yang bisa kalian abadikan dalam media sosial kalian. Beberapa taman di buat secara luas agar leluasa untuk mengambil foto. Di Umbul Sidomukti juga menyediakan tempat untuk meeting dan pernikahan.

    Tempat ini sangat direkomendasikan untuk kalian semua dari berbagai usia ataupun kalian yang sudah berkeluarga. Segera datang dan nikmati kekuasaan Tuhan yang tiada tandingannya ini. Masalah tiket masuk hanya seharga 15K tetapi dalam wahana di dalam wisata yang sekiranya membutuhkan perlengkapan lebih bisa dikenai biaya kembali.

    2. Pulau Panjang
    Pulau Panjang ini merupakan pulau – pulau kecil yang terletak di Kelurahan Ujung Batu, Jepara, Jawa Tengah. Pulau ini termasuk pulau yang masih perawan karena belum banyak dijamah oleh orang. Pulau ini juga masih terlihat begitu alami dan sepi sehingga mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Keindahan Pulau Panjang tak juga kalah dengan keindahan pulau lain yang ada disekitarnya.

    Pulau Panjang memiliki keisitimewaan yaitu pasir putih dikelilingi dengan laut dangkal dan memiliki perairan jernih serta memiliki terumbu karang yang indah. Pada bagian tengah pulau ini terdapat hutan tropis yang memiliki pohon tinggi yang  menjulang serta terdapat perdu dan semak sebagai tempat burung laut berkembang biak. Untuk flora yang terdapat pada pulau ini didominasi oleh asam jawa, dadap, pohon randu, serta pinus di sebelah timur yang umurnya ratusan tahun.

    Air laut yang berada di sebelah selatan dan barat cukup jernih dan tidak berarus, sehingga bagus untuk mandi laut maupun Anda yang pecinta snorkeling dan bermain kano. Di sepanjang pantai ada pohon peneduh dengan akarnya yang menjuntai ke laut seingga akan terlihat sangat indah.

    Untuk menyeberang ke Pulau Panjang, Anda dapat melalui Pantai Bandengan, Pantai Kartini atau Pantai Prawean. Dermaga penyeberangan dari Pantai Kartini ke Pulau Panjang dan ke Karimunjawa memiliki perbedaan. Di sana juga terdapat papan petunjuk dermaga kapal untuk menuju ke Pulau Panjang. Anda juga bisa menikmati sunset pada kapal terakhir untuk kembali ke Pantai Kartini yaitu sekitar pukul 17.00 WIB.  Anda juga dapat berkemah dan bermalam di pulau ini dengan peralatan yang sudah Anda siapkan. Anda hanya perlu menyebrang ke Pulau Panjang dengan menggunakan Kapal dan bisa kembali lagi dengan ikut Kapal yang mengantarkan pengunjung lainnya saat paginya.

    Pulau Panjang  terletak di Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah, Indonesia dengan luasnya sekitar 19 hektar ini dan  berjarak 1,5 mil laut atau sekitar  2,5 km dari Pantai Kartini, Jepara. Sedangkan untuk menyeberangi Pulau Panjang, Anda dikenakan retribusi sebesar Rp13.000 (PP), menggunakan kapal kayu berkapasitas 10-15 orang dari Pantai Kartini. Waktu tempuh dari dermaga ke Pulau Panjang membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

    3. Umbul Ponggok
    Umbul Ponggok Klaten memang unik nan berbeda. Tempat ini bisa kalian kunjungi di kala liburan. Tentu saja, tempat wisata di Klaten yang satu ini tidak terlalu. Untuk yang belum tahu, Umbul Ponggok Klaten ini dulu sebenarnya adalah sebuah sumber mata air alami yang berbentuk kolam. Namun karena kian hari makin populer, sekarang ini wisata Umbul Ponggok yang ada di Klaten ini kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata yang keren dan nyaman. Sehingga akhirnya sekarang menjadi lumayan terkenal di Klaten dan sekitarnya.
    Umbul Ponggok Klaten memang bukan kolam renang biasa karena di sini kalian akan merasakan sensasi berenang bareng ikan air tawar yang berwarna-warni yang memang sudah ada sejak lama di Umbul Ponggok. Kalau berenang di tempat wisata Klaten yang satu ini, kalian akan bisa merasakan sensasi menyelam bareng ikan air tawar.

    Tidak hanya itu saja, biasanya Umbul Ponggok Klaten ini juga sering dijadikan sebagai tempat latihan diving. Untuk yang tidak berminat dengan kegiatan diving, kalian bisa menikmatinya hanya dengan snorkeling atau berenang lucu disini.
    Snorkelling di tempat ini jauh lebih aman jika dibandingkan dengan snorkeling di lautan. Karena kolam renang alami di Klaten ini adalah sebuah sumber mata air alami yang begitu segar dan sangat jernih. Terlebih lagi, tidak ada arus atau ombak sama sekali di Kolam alami Umbul Ponggok ini. Konon kolam renang alami ini keberadaannya sudah ada sejak zaman Belanda.

    Belakangan, keberadaan Umbul Ponggok Klaten ini nggak cuma dikenal sebagai tempat berenang, snorkeling atau diving saja. Karena keunikannya, kolam renang alami yang berukuran kira-kira 50 x 25 meter dan kedalaman antara 1,5 – 2++ meter ini sering dimanfaatkan untuk kegiatan underwater photograpy atau fotografi bawah air.

    Memang, jika dilihat dari kedalamannya, kolam renang ini memang cocok untuk kegiatan ini. Baik mulai dari fotografi yang professional, atau hanya pengunjung yang ingin sekedar selfie dibawah air bersama ikan-ikan lucu. Kalian tentu ingin mencoba sensasi berfoto bawah air bareng ikan-ikan lucu kan?

    Ditambah lagi kolam renang yang satu ini bagian dasarnya bukan berupa keramik seperti kolam renang pada umumnya. Namun, dasar Umbul Ponggok Klaten ini masih sangat alami berupa hamparan pasir halus yang memberikan sensasi tersendiri. Airnya pun selalu segar, karena air sealu mengalir terus dari sumber mata airnya.

    Untuk masuk ke tempat wisata klaten yang satu ini, kalian hanya perlu membyar tiket sebesar IDR 5.000 per orang. Sebaiknya kalian membawa peralatan snorkeling sendiri jika ingin snorkeling di Umbul Ponggok. Namun jika kalian tidak membawa, kalian bisa menyewanya disini. Tarif penyewaan alat snorkeling di Umbul Ponggok Klaten adalah sebagai berikut : Snorkel IDR 12.000, Kaki katak IDR 7.000, Pelampung IDR 7.000, IDR Rp 5.000 untuk sewa ban.

    Itulah beberapa tempat rekomendasi dari penulis untuk kalian semua. Segeralah ambil liburan sebelum tidak ada liburan untuk beberapa bulan ke depan. Mengingat hidup bukan untuk bekerja tetapi bekerja untuk hidup. Cukup Sekian dari penulis.
  • 0 Comments:

    Posting Komentar

    Terimakasih telah mengunjungi website resmi Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA UNY

    ACHIEVEMENTS

    Demi Memajukan Jurdik Kimia FMIPA UNY

    46

    Program Kerja

    700+

    Anggota

    52

    Staff Himaki

    15921

    Pengunjung Website