• SLK 2019, RESPECT untuk Aku Kamu dan Semua


    Studi Laboratorium Kimia adalah serangkaian acara untuk mengenalkan Jurusan Pendidikan Kimia secara lebih mendalam kepada mahasiswa baru Jurdik Kimia FMIPA UNY. Rangkaian acara ini telah terlaksana pada tanggal 24 Agustus hingga 8 September 2019. Selama Berlangsung, SLK terbagi menjadi 4 rangkaian acara yang dilaksanakan pada tanggal yang berbeda.



    Acara yang pertama yaitu Technical Meeting pada tanggal 24 Agustus 2019 sekaligus perkenalan panitia. Selain m
    engenal lebih jauh siapa saja kakak panitia yang bertugas dalam rangkaian acara SLK, mahasiswa baru Jurdik Kimia juga akan dikelompokkan menjadi beberapa kelompok. Dengan satu pemandu untuk setiap kelompoknya. Ada yang unik dari perkenalan pemandu untuk tahu ini. Jika biasanya para pemandu akan menyamar di antara mahasiswa, kali ini maba akan mencari sendiri pemandunya dengan mencari jawaban dari pertanyaan yang diberikan. Yang benar dalam menebak, maka pemandu yang membawa kertas jawaban akan dibawa ke kelompokknya. Kegiatan dilanjutkan dengan Sekolah Ikahimki atau SEIKA.

    Bersama kakak-kakak dari IKAHIMKI wilayah 3

    Acara yang kedua yaitu Stadium General atau (SG) dan Diklat Instrumentasi Dasar (DID) pada tanggal 26 Agustus 2019 bertempat di Ruang Seminar FMIPA. Dalam acara ini acara SLK resmi dibuka dengan penyematan co-card peserta secara simbolis kepada peserta oleh Wakil Dekan III FMIPA. Selanjutnya dilanjutkan dengan DIklat Instrumentasi Dasar (DID). Di aacara DID ini, mahasiswa baru dikenalkan dengan laboratorium kimia dan alat-alat yang tersedia di dalamnya. Selain ditunjukkan dimana letak laboratorium untuk seruap konsentrasi, mahasiswa baru Jurdik Kimia akan dijelaskan mengenai kegunaan alat dan instrument yang ada di laboratorium oleh tentor yang bertugas. Agar lebih paham beberapa tentor juga mendemonstrasikan bagaimana cara kerja dari suatu alat. Tidak lupa yang terpenting adalah mahasiswa baru diajarkan bagaimana cara membuat larutan dari padatannya dengan baik dan benar.
    Pengalungan Co-Card sebagai pembukaan SLK secara simbolis oleh WD III FMIPA

    Jadi cara kerjanya begini ya dek...

    Acara yang ketiga yaitu Stadium Eksklusif atau SE, yang dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2019. SE dilaksanakan di Lobby Lab FMIPA UNY. Yang menjadi focus dari acara ini adalah memperkenalkan mahasiswa baru Jurdik Kimia UNY kepada Pengurus Himunan Mahasiswa Kimia 2019 dan mengenalkan Student Development Program (SDP). Pada acara in disampaikan materi tentang Leadership oleh pembicara kepada mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Kimia.
    Kelompok mana nih? yel-yelnya semangat banget XD

    Puncak acara SLK dilaksanakan pada tanggal 7 dan 8 September 2019, bertempat di Lobby Lab FMIPA  dan Bumi Tangkil Pakem, Sleman, Yogyakarta. Selam 2 hari tersebut mahasiswa diajarkan berbagai macam hal, di antaranya tentang bagaimana prospek kerja bagi lulusan Jurusan Pendidikan Kimia dan bagaimana etika dalam menghubungi dosen melalui social media. Setelahnya mahasiswa baru ini dibawa ke Bumi Tangkil Sleman untuk melanjutkan kegiatan. PAda malam harinya, digelar api unggun yang dinyalakan oleh para pemandu yang berpuisi tentang kelompokknya. Kemudian dilanjutkan dengan menampilan pentas seni setiap kelompok hingga berakhir.

    Keesokan paginya, mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Kmia melakukan senam pagi bersama setelah membersihkan diri, dengan dipimpin oleh Departemen Senior Himaki. Acara dilanjutkan dengan sarapan bersama dan kemudian dilanjutkan dengan jelajah medan. Selama Jejah medan, mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Kimia akan mendatangi pos-pos dari Pengurus Hima mulai dari Pengurus Inti hingga Departemen Senior. di pos setiap Departemen, Divisi, dan PI ini mereka mahasiswa baru akan melakukan permainan tantangan. yang kalah dalam permainan akan diberkan hukuman oleh yang menang. Demikian hingga kelompok terakhir tiba di pos terakhir. Dan mereka kembali ke Pendopo Bumi Tangkil untuk bersih-bersih dan makan siang. menunggu bis penjemputan yang akan menhantar mereka kembali ke FMIPA UNY.
  • 0 Comments:

    Posting Komentar

    Terimakasih telah mengunjungi website resmi Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA UNY

    ACHIEVEMENTS

    Demi Memajukan Jurdik Kimia FMIPA UNY

    46

    Program Kerja

    700+

    Anggota

    52

    Staff Himaki

    16248

    Pengunjung Website