• WASPADA !!! VIRUS CORONA SUDAH MASUK KE INDONESIA ?


    Virus Corona sekarang ini sedang menjadi tranding topic di dunia. Bagaimana tidak, dalam beberapa hari virus ini menyebar di seluruh penjuru China dan beberapa Negara lainnya bahkan saat ini virus Corona sudah masuk ke Indonesia. Menurut Direktur Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Kemenkes, Anung Sugiharto, sejauh ini sudah ada sekitar 13 orang yang sedang diobservasi. Dari 13 orang tersebut 11 diantaranya negatif virus Corona sedangkan 2 lainnya masih dalam proses pemeriksaan.
    Virus Corona merupakan virus yang menyebabkan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) yang terjadi pada tahun 2003 dan Middle East Respiratory Syndrome (MERS) yang muncul di Arab Saudi tahun 2012 lalu. Sedangkan Virus Corona yang muncul di Wuhan, China, merupakan Virus Corona jenis baru dengan nama 2019 novel coronavirus atau (2019-nCov).
    Diberitakan Kompas.com, Virus Corona merupakan virus yang ditularkan oleh hewan ke manusia.  Menurut Business Insider, diduga penyebaran Virus Corona terjadi di pasar-pasar hewan hidup maupun mati. Vincent Muster, ilmuwan asal China, mengidikasikan bahwa virus ini disebabkan oleh kelelawar. Sedangkan ilmuwan lainnya menduga bahwa virus ini disebabkan oleh kobra China. Sehingga para peneliti berspekulasi bahwa yang menginfeksi ular-ular tersebut merupakan  populasi kelelawar yang terjangkit virus Corona.
    Penyebaran virus ini terjadi karena kontaminasi di udara, seperti virus influenza pada umumnya. Orang-orang yang terinfeksi dapat menyebarkan virus Corona ini melalui batuk dan bersin. Selain itu bisa juga lewat sentuan langsung seperti di wajah dan tangan. Bisa juga sentuhan tak langsung seperti di gagang pintu, pegangan tangga atau eskalator, dsb.
    Berikut himbauan dari PMI terkait gejala dan cara pencegahan terhadap Virus Corona.
    Gejala yang ditimbulkan :




    Cara Pencegahan :


  • 0 Comments:

    Posting Komentar

    Terimakasih telah mengunjungi website resmi Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA UNY

    ACHIEVEMENTS

    Demi Memajukan Jurdik Kimia FMIPA UNY

    48

    Program Kerja

    700+

    Anggota

    53

    Staff Himaki

    16524

    Pengunjung Website