Jangan Lupa Jaga HATI

Perkara HATI!






Hati adalah fasilitas yg diberikan oleh Allah SWT agar kita menjadi baik.


Ketahuilah, dalam tubuh manusia itu terdapat segumpal daging. Jika segumpal daging itu baik, seluruh tubuh akan baik. Jika daging itu rusak, seluruh tubuh juga akan rusak. Ingatlah, segumpal daging itu adalah sebuah hati(HR Bukhari dan Muslim).

Dengan apa kita bisa menjaga hati kita? Yaitu dengan cara kita mengingat Allah dengan Tujuan nya agar hati kita bercahaya.

Ada 3 macam tingkatan hati:

1. Hati yang bersih, yaitu Hati yang membuat kita selalu melihat apapun sebagai kebaikan. Orang yang berhati bersih akan selalu melihat dan mendengarkan pesan-pesan kebaikan di balik setiap kejadian.
2. Hati yang bercahaya, adalah Hati yang membuat kita selalu menemukan jalan-jalan menuju kebaikan
3. Hati yang sehat, yaitu hati yang memiliki kekuatan untuk mewujudkan apapun menjadi kebaikan.


Adapun Hati manusia bisa menjadi kotor karena 3 hal:

1. Syubhat atau dengan kata lain adalah hati yang tidak sehat, bertindak tanpa dasar ilmu itu berpengaruh ke hati, tindakannya menjadi syubhat ke hati karena munculnya dari perbuatan. Contoh: Menceritakan kejelekan orang lain pengaruh syubhat nya kuat menjadikan hati kita kotor.
2. Syahwat dengan kata lain hati yang redup, bertindak hanya untuk kesenangan dunia semata. Contohnya kita memasukan uang infaq di kotak infaq dengan niat supaya kita dapat pujian dari orang lain bukan berniat karena untuk mendapatkan Ridho dari Allah SWT.
3. Sahwat dengan kata lain hati yang lemah, bertindak dengan lupa dan lalai. Contohnya Kita mengetahui bahwa Sholat itu adalah kewajiban tapi kita sering melalaikannya.

Selain dengan Hati yang kotor , Hati manusia pun bisa menjadi sakit, karena 3 hal:

1. Keluh Kesah, dimana kita tidak ikhlas dalam menghadapi segala sesuatu yang pahit dalam hidup
2. Sombong, dimana kita tidak ikhlas dalam berbagi dengan segala yang manis
3. Riya' , dimana kita tidak ikhlas dalam menerima celaan

Itulah beberapan penjelasan mengenai HATI. Teman-teman yuk kita jaga HATI kita supaya Hati kita selalu baik dan selalu indah dengan adanya kita selalu Mengingat Tuhan, yakin deh Hati kalian pasti akan nyaman tentram dan bahagia. Semangat BERPROSES buat kalian :)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi website resmi Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA UNY