• Selamat Hari Ibu untuk Ibuku, Ibumu dan Calon Ibu

    Selamat Hari Ibu untuk Ibuku, Ibumu dan Calon Ibu
      Kasih ibu, kepada beta tak terhingga sepanjang masa
      Hanya memberi, tak harap kembali
      Bagai sang surya, menyinari dunia 
     ("Kasih Ibu" ciptaan SM Mochtar) 

            IBU, satu kata yang punya banyak makna, dimana setiap orang punya makna tersendiri tentang Ibu. Ibu, sosok yang akan selalu berusaha yang terbaik untuk anak-anaknya. Begitu penting peranan seorang ibu untuk anaknya, untuk itu sebagai bentuk penghormatan untuk para ibu, dibuatlah peringatan Hari Ibu.                     

            Hari ibu di Indonesia diperingati pada tanggal 22 desember, berbeda dengan hari ibu sedunia yang diperingati pada tanggal 10 Mei. Peringatan Hari Ibu di setiap negara berbeda, begitu pula tradisi perayaannya. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas alasan ditetapkannya 22 Desember sebagai Hari Ibu nasional. Yuukk.. langsung saja. 
        Alasan yang pertama, tanggal 22 Desember merupakan tanggal penyelenggaraan Kongres Perempuan pertama tepatnya pada 22 Desember 1928 dilaksanakan Kongres Perempuan Indonesia di Yogyakarta. Kemudian tanggal tersebut telah ditetapkan oleh Presiden Soekarno melalui Dekrit Presiden Nomor 316 tahun 1959. Alasan yang kedua, sebagai bentuk protes terhadap Hari Kartini. Seperti yang kita tahu Hari Kartini diperingati pada tanggal 21 April sebagai bentuk penghormatan terhadap mendiang Ibu Kartini. Namun, hal ini menuai protes dari Sebagian kalangan yang menganggap bahwa perjuangan wanita tidak hanya dilakukan oleh Ibu Kartini, untuk itulah Hari Ibu ditetapkan sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan wanita Indonesia kala itu. Selain alasan-alasan tersebut, tanggal 22 dipilih karena melambangkan semangat wanita Indonesia dan meningkatkan kesadaran berbangsa serta bernegara kala itu. Setelah ditetapkannya Hari Ibu oleh Presiden Soekarno, seiring berjalannya waktu peringatan tersebut tidak hanya ditujukan untuk pahlawan wanita saja, melainkan untuk para ibu tepatnya pada tahun 1986 mulai diperingati secara nasional. Hari Ibu dapat dirayakan dengan memberi hadiah hingga menggantikan pekerjaan rumah tangga yang biasa dilakukan ibu di rumah.  

    References : 
    https://www.idntimes.com/life/family/rianna-zheid/ini-alasan-kenapa-hari-ibu-dirayakan-setiap-tanggal-22-desember-c1c2/5 
    https://nasional.kompas.com/read/2018/12/22/08260031/22-desember-diperingati-sebagai-hari-ibu-ini-sejarahnya-? 
    https://www.suara.com/lifestyle/2019/12/22/070500/ini-alasan-hari-ibu-di-indonesia-jatuh-pada-22-desember-sudah-tahu?
  • 0 Comments:

    Posting Komentar

    Terimakasih telah mengunjungi website resmi Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA UNY

    PENCAPAIAN

    Demi memajukan Jurdik Kimia FMIPA UNY

    49

    PROGRAM KERJA

    800

    ANGGOTA

    54

    PENGURUS

    21850

    PENGUNJUNG WEBSITE