• Mengingat Reformasi 1998

     

    MENGINGAT REFORMASI 1998



    Masih ingatkah tentang reformasi yang terjadi di tahun 1998? Pada saat itu tepatnya pada tanggal 21 Mei 1998, Soeharto mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden RI setelah 32 tahun berkuasa. Pengunduran diri Soeharto menjadikan Wakil Presiden RI saat itu yaitu B.J Habibie sebagai Presiden RI melanjutkan sisa waktu jabatan. Alasan Soeharto mundur saat itu karena melihat perkembangan situasi sosial dimana rakyat menuntut mengadakan reformasi disegala bidang dan permintaan untuk pergantian kepemimpinan nasional.

    Pengunduran diri Soeharto sebagai Presiden RI saat itu disebabkan oleh Gerakan reformasi dimana aksi demontrasi terus terjadi sejak Soeharto terpilih kembali pada pemilu tahun 1997. Banyak peristiwa terjadi setelah terpilihnya Soeharto seperti hilangnya para aktivis dan mahasiswa yang dianggap melawan pemerintahan Soeharto sehingga perlawanan terhadap pemerintah semakin terlihat. Aksi mahasiswa yang awalnya terjadi didalam kampus menjadi di luar kampus.

    Kekerasan yang dilakukan oleh aparat keamanan menyebabkan situasi semakin memanas dan mengubah aksi damai menjadi tragedi. Pada tanggal 8 Mei 1998, saat Moses Gatutkaca seorang mahasiswa Universitas Sanata Dharma meninggal dunia akibat pukulan benda tumpul. Tragedi Trisakti tanggal 12 Mei 1998 yang terjadi saat empat mahasiswa meninggal dunia. Aksi penembakan peluru karet, peluru tajam, dan penjarahan mengakibatkan lebih dari 200 mahasiswa terluka. Penjarahan, kekerasan, dan pemerkosaan yang marak terjadi di berbagai kota pada tanggal 13-15 Mei 1998. Aksi demonstrasi akhirnya memuncak pada tanggal 18 Mei 1998 saat mahasiswa berhasil menduduki gedung DPR/MPR dan menuntut Soeharto untuk mundur.

    Reformasi terjadi karena adanya perjuangan dari berbagai kalangan dan untuk mencapai era tersebut dibutuhkan banyak perngorbanan. Penting untuk mengingat sejarah reformasi ini sebagai bentuk apresiasi kepada mereka yang telah berjuang.

    (Kdl)

    References :

    https://amp.kompas.com/nasional/read/2018/05/21/06480851/21-mei-1998-saat-soeharto-dijatuhkan-gerakan-reformasi

    https://www.idntimes.com/science/discovery/viktor-yudha/fakta-sejarah-reformasi-21-mei-1998-lalu

     

  • 0 Comments:

    Posting Komentar

    Terimakasih telah mengunjungi website resmi Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA UNY

    PENCAPAIAN

    Demi memajukan Jurdik Kimia FMIPA UNY

    49

    PROGRAM KERJA

    800

    ANGGOTA

    54

    PENGURUS

    26097

    PENGUNJUNG WEBSITE