WASPADA : Fitur "Add Yours" Bocorkan Data Pribadi Pengguna

 

WASPADA : Fitur "Add Yours" Bocorkan Data Pribadi Pengguna

 



Dewasa ini, tren sticker “add yours” pada aplikasi media sosial Instagram sedang ramai menjadi perbincangan. Pasalnya, banyak pakar menilai bahwa hal tersebut mampu membuka peluang untuk oknum yang  tak bertanggung jawab melakukan tindak kriminal. Melalui tantangan yang ditawarkan fitur itu, kelalaian pengguna Instagram dikhawatirkan justru membagikan foto atau informasi data diri yang seharusnya menjadi privasi. Misalnya, tantangan untuk menunjukkan foto masa kecil, foto keluarga, jarak usia pasangan, menyebutkan nama panggilan, bahkan tantangan menunjukkan tanda tangan.

Fitur-fitur yang disajikan tersebut secara tidak langsung dapat mengakibatkan interaksi dengan orang lain baik yang mengikuti kita ataupun tidak. Fatalnya, seputar informasi yang dibagikan di laman tersebut dapat diakses oleh orang lain yang nantinya akan merugikan para pengguna.

Enda Nasution, salah satu pengamat media sosial menyebutkan bahwa, risiko yang didapatkan pada kasus pencurian data pribadi ini tidak hanya berasal dari fitur “add yours” Instagram saja. Namun, dari berbagai celah di media sosial misalnya foto atau video yang di upload, kecuali di private. (akun pengguna).

Dari kejadian ini, dapat disimpulkan bahwa segala sesuatu yang kita unggah di media sosial pasti ada peluang pemanfaatan kejahatan kriminal oleh oknum tak bertanggung jawab. Hal itu, dapat kita minimalisir dengan cara menjadi cerdas dalam mengaplikasikan media sosial. Jangan semata-mata hanya mengikuti tren tanpa tahu dampak untuk kedepannya. Salah satunya dengan tidak mudah membagikan data diri di media sosial. Jadilah pengguna media sosial yang berkualitas, sebelum privasimu diretas. Sekian.

 

 

https://www.republika.co.id/berita/r37i04428/hatihati-bagikan-data-pada-fitur-add-yours-instagram

https://www.kompas.com/tren/read/2021/11/24/060500965/add-yours-instagram-dan-risiko-pencurian-data-pribadi?page=all

https://images.app.goo.gl/ScwU9aDEt9RGXUTs9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi website resmi Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA UNY