Hujan Meteor Siap Menghiasi Langit Negeri. Catat Tanggalnya!

 

Hujan Meteor Siap Menghiasi Langit Negeri. Catat Tanggalnya!

Salah satu fenomena astronomis kembali menyapa langit Indonesia pada akhir Juli 2022. Fenomena tersebut merupakan hujan meteor Delta Aquariids dan Alpha Capricornids. Menurut BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional), hujan meteor merupakan fenomena astronomis tahunan yang terjadi ketika sejumlah meteor berpindah dari titik tertentu di langit. Seringkali, orang awam menyebutnya bintang jatuh. Faktanya, debu-debu komet ukuran kecil yang berbentuk batuan berhasil memasuki atmosfer bumi dan terbakar akibat gesekan yang luar biasa keras dengan atmosfer. Alhasil, terbentuklah hujan meteor yang dapat kita nikmati keindahannya di akhir bulan Juli nanti.

Dibalik fenomena ini, terdapat asal usul nama yang unik. Disebut Delta Aquariids karena titik radian atau titik kemuculan hujan meteor ini terletak di dekat bintang Aquarii di konstelasi Aquarius. Kelajuannya sekitar 147.600 km/jam dengan intensitas saat di zenith mencapai 17 meteor per jam. Sementara itu, Alpha Capricornids bersumber dari komet periodik 169P/NEAT. Kelajuannya mencapai 86.400 km/jam dan intensitas saat di zenith mencapai 5 meteor per jam. Wow!

Hujan meteor Delta Aquariids dan Alpha Capricornids hadir dalam kurun waktu yang berbeda. Nantinya, Delta Aquariids menyapa terlebih dahulu pada 29-30 Juli mulai 23.00 WIB di ufuk timur dan puncaknya pukul 02.00 WIB di langit selatan Indonesia. Kemudian, disusul Alpha Capricornids yang dapat disaksikan pada 30-31 Juli 2022 mulai pukul 20.00 WIB hingga dini hari. Selama fenomena berlangusung, tidak akan menimbulkan bahaya bagi bumi ataupun pengamatnya. Hal itu justru menjadi keindahan tersendiri saat pancaran cahayanya menghiasi langit lepas.

Menariknya lagi, tidak diperlukan alat khusus untuk menyaksikannya. Hanya dengan mata telanjang dan memposisikan diri ditempat yang minim cahaya maka kamu dapat melihat fenomena ini dengan jelas. Namun, pastikan juga melihat prediksi cuaca karena hal itu menjadi salah satu penunjang kesempurnaan dalam menyaksikan fenomena ini.

Jadi, jangan sampai ketinggalan ya. Astrophile!

 

Sumber :

https://www.kompas.com/tren/read/2022/07/19/210000165/fenomena-hujan-meteor-akhir-juli-2022-bagaimana-cara-melihatnya-?page=all

https://tirto.id/apa-itu-hujan-meteor-delta-aquariids-yang-hiasi-langit-28-29-juli-fTVr

https://www.idntimes.com/science/discovery/mirqotul-aliyah/fakta-delta-aquariid-hujan-meteor-yang-terjadi-pada-28-juli-2022-c1c2?page=all

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi website resmi Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA UNY