KETINDIHAN HANTU???

 

KETINDIHAN HANTU??

 


`Siapa nih yang pernah mengalami ketindihan? atau yang secara medis dikenal dengan istilah sleep paralysis. Ketindihan adalah kondisi ketika seseorang tidak mampu berbicara atau bergerak saat terbangun dari tidur atau ketika akan tidur. Kondisi ini biasanya berlangsung selama beberapa detik hingga beberapa menit. Beberapa orang mungkin juga merasakan tekanan atau rasa tersedak. Ketindihan dapat menyertai gangguan tidur lainnya seperti narkolepsi. Narkolepsi adalah kebutuhan tidur yang sangat kuat yang disebabkan oleh ketidakmampuan otak untuk mengatur tidur. Nah, kita simak lebih lanjut tentang fenomena ketindihan yuk.

Para peneliti menyimpulkan bahwa, dalam kebanyakan kasus, sleep paralysis (kelumpuhan tidur) atau yang biasa disebut ketindihan hanyalah tanda bahwa tidak terjadi perpindahan yang mulus dalam melewati fase-fase tidur. Ketindihan jarang terkait dengan masalah kejiwaan.

Selama berabad-abad, gejala ketindihan telah dideskripsikan dalam banyak cara dan sering dikaitkan dengan kehadiran “roh jahat”. Hampir setiap budaya sepanjang sejarah memiliki kisah-kisah tentang roh jahat yang menakutkan manusia yang tak berdaya di malam hari. Orang-orang telah lama mencari penjelasan untuk kelumpuhan waktu tidur yang misterius ini dan perasaan teror yang menyertainya.

Ketindihan dapat dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun, fenomena ini lebih berisiko dialami oleh orang yang memiliki kondisi tertentu, seperti insomnia, gangguan cemas, dan gangguan stres pascatrauma (PTSD).

Selain itu, ada faktor lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami ketindihan, di antaranya:

Meski jarang terjadi, kelumpuhan masa tidur ini juga bisa menjadi gejala narkolepsi, yaitu gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan untuk tetap terjaga lebih dari 3-4 jam.

Kelumpuhan saat tidur sering kali menghilang dengan sendirinya dan tidak membutuhkan penanganan khusus. Namun, segera periksakan diri ke dokter bila Anda mengalami hal-hal berikut ini:

  • Rasa cemas atau khawatir berlebihan
  • Tubuh terasa lemas dan lelah sepanjang hari
  • Tidak tidur semalaman

Dokter biasanya akan mengatasi kondisi tersebut dengan pemberian obat antidepresan. Namun, penggunaan obat-obatan ini hanya boleh dilakukan sesuai petunjuk dan di bawah pengawasan dokter.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui penjelasan secara medis dari fenomena ketindihan. Jauh dari kesan mistis, kan? Tidak perlu takut dengan setan atau alien. Jika mengalami gejala ketindihan sesekali, Anda dapat mengambil langkah-langkah di rumah untuk mengendalikan gangguan ini. Mulailah dengan memastikan Anda cukup tidur. Lakukan hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres terutama sesaat sebelum tidur.

 

 

Sumber            :

https://www.alodokter.com/fakta-medis-dibalik-fenomena-ketindihan

https://ciputrahospital.com/penjelasan-medis-tentang-ketindihan/

 https://pinterest.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi website resmi Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA UNY