Jangan Lupa Makan, Kesehatanmu itu Lho!

 

Jangan Lupa Makan, Kesehatanmu itu Lho!




Baru-baru ini masyarakat Indonesia sedang digegerkan terkait kasus satu keluarga tewas dengan kondisi kelaparan. Kasus tersebut sedang dalam proses penyedikan pihak kepolisian dan masih belum pasti apa motifnya. Ngomong-ngomong soal kelaparan, pernahkah kalian bertanya-tanya berapa lama sih manusia bisa bertahan tanpa makan atau minum?. Tentunya jawaban yang mungkin ada beragam karena kondisi tiap orang berbeda dan bergantung pada banyak hal.


Dilansir dari Insider, belum ada penelitian terkontrol terkait berapa hari manusia bisa bertahan tanpa makan dan minum. Berbagai penelitian umumnya merupakan studi kasus terhadap orang-orang yang pernah berada pada situasi darurat dalam kondisi kelaparan. Saat tubuh tidak menerima cukup kalori untuk menjalankan fungsi yang mendukung untuk tetap hidup, kondisi ini disebut kelaparan. Hal ini bisa terjadi saat asupan makanan benar-benar tidak tergapai, atau disebabkan tubuh tidak dapat mencerna nutrisi dari makanan. Saat tubuh manusia mengalami defisit kalori, pengurangan jumlah energi yang dibakar terjadi. Jika nutrisi yang dibutuhkan tidak dipenuhi dalam waktu lama, kelaparan yang terjadi dapat menyebabkan kehilangan nyawa.


Pada umumnya, seseorang yang tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman, tubuhnya dapat bertahan hidup paling tidak sekitar satu minggu. Jika masih ada asupan air tanpa makanan, lama seseorang bertahan hidup bisa lebih lama, sekitar 2 hingga 3 bulan. Meski begitu, tingkat bertahan hidup seseorang tanpa makanan dan minuman tergantung oleh banyak hal, seperti jenis kelamin, komposisi tubuh, serta lingkungannya. Contohnya, seseorang dengan cadangan lemak lebih banyak dapat bertahan lebih lama karena tubuh masih bisa mendapatkan kalori dari lemak. Seseorang yang sehat dan memiliki tubuh kurus, efek kelaparan parah bisa terjadi saat tubuhnya kehilangan 18% dari berat badan atau indeks massa tubuhnya kurang dari 16,5. Namun, Kerusakan yang ditimbulkan akibat tidak minum air putih atau asupan cairan lainya dapat menghancurkan tubuh secara lebih cepat jika dibandingkan dengan tanpa makanan. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan air hampir setiap proses alamiahnya. Jika kekurangan cairan, tubuh dapat berhenti berfungsi dan menyebabkan kematian. Walaupun tubuh bisa bertahan untuk beberapa waktu tanpa makan dan minum tetap jaga pola makan ya, kalau lapar makan, kesehatanmu itu lho!

 

sumber : 

https://www.halodoc.com/artikel/berapa-lama-manusia-bertahan-hidup-tanpa-makan-dan-minum

https://www.sehatq.com/artikel/berapa-lama-manusia-bisa-bertahan-tanpa-makan

https://id.pinterest.com/search/pins/?q=makan&rs=typed



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi website resmi Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA UNY