National Chemistry Fair (NaCF) 2023

(Seminar Nasional Kimia 2023)

(Seminar Nasional Kimia 2023)

(Chemistry Competition 2023)

  Kompetisi Kimia SMA/SMK/MA sederajat tingkat nasional merupakan rangkaian dari National Chemistry Fair 2023 yang mengusung tema “Optimalisasi Peran Kimiawan Muda Indonesia yang Adaptif dan Kompeten Terhadap Kemajuan Teknologi demi Terwujudnya Society 5.0”. Kompetisi Kimia diikuti oleh 378 peserta dari seluruh Indonesia yang dilaksanakan dalam tiga babak, yaitu babak regional, babak semifinal, dan babak final. Kompetisi Kimia dilaksanakan secara luring di Kampus FMIPA UNY pada babak semifinal dan final. Babak regional dilaksanakan pada tanggal 19 Februari 2023 yang terbagi ke dalam 13 regional, yaitu Yogyakarta, Solo, Semarang, Jakarta, Bandung, Bogor, Purwokerto, Surabaya, Malang, Bali, Palembang, Pekanbaru, dan Samarinda. Pada tanggal 12 Maret 2023 dilaksanakan babak semifinal yang diikuti oleh 60 peserta yang diambil dari 2 putra-putri daerah terbaik dan 34 peserta dengan nilai teratas. Kemudian dilanjutkan babak final yang terbagi menjadi dua yaitu babak praktikum yang diikuti oleh 10 finalis serta lomba cerdas cermat yang diikuti oleh 5 finalis.

  Pemenang Kompetisi Kimia CeC 2023 di antaranya, Juara 1 oleh Muhammad Arinal Haq dari SMK-SMAK Bogor, Juara 2 oleh Ziyadatul Ilma dari MAN Insan Cendekia Pekalongan, Juara 3 oleh Syarif Widjaya dari SMA Taruna Nusantara, Juara Harapan I oleh Alifiyah Azzahrah Efendi dari MA Unggulan Amanatul Ummah Program Madrasah Bertaraf Internasional, dan Juara Harapan II oleh Rewaldi Pramana Putra dari SMK Negeri 5 Bandung. Dari kegiatan yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa acara Chemistry Competition 2023 berjalan dengan baik.

  Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) diawali dengan pengumpulan full paper yang diseleksi menjadi 12 full paper terbaik mahasiswa dan 8 full paper terbaik SMA/SMK/MA sederajat serta berhak mengikuti tahapan selanjutnya. Pada final LKTI 2023 yang dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2023, para finalis melakukan presentasi secara luring di Gedung Pascasarjana UNY. Selain itu, finalis LKTI Mahasiswa juga membuat poster yang hasilnya ditampilkan pada acara Seminar Nasional Kimia 2023 dan menjadi bagian dalam penilaian Best Poster.

  Kedua Belas tim LKTI mahasiswa meliputi 4 tim dari Universitas Negeri Yogyakarta, 2 tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 1 tim dari Universitas Pendidikan Ganesha, 1 tim dari Universitas Jenderal Achmad Yani, 1 tim dari Universitas Udayana, 1 tim dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1 tim dari Institut Pertanian Bogor, dan 1 tim dari Universitas Diponegoro. Sedangkan delapan tim LKTI siswa SMA/SMK/MA sederajat meliputi 2 tim dari SMA Negeri 1 Kaliwungu, 1 tim dari MAN 1 Kudus, 1 tim dari MAN 2 Kudus, 1 tim dari MAN 3 Cirebon, 1 tim dari SMA Negeri 1 Godean, 1 tim dari SMA Negeri 4 Jayapura, dan 1 tim dari MAN 1 Jombang.

  Pemenang Kompetisi Kimia CeC 2023 di antaranya, Juara 1 oleh Muhammad Arinal Haq dari SMK-SMAK Bogor, Juara 2 oleh Ziyadatul Ilma dari MAN Insan Cendekia Pekalongan, Juara 3 oleh Syarif Widjaya dari SMA Taruna Nusantara, Juara Harapan I oleh Alifiyah Azzahrah Efendi dari MA Unggulan Amanatul Ummah Program Madrasah Bertaraf Internasional, dan Juara Harapan II oleh Rewaldi Pramana Putra dari SMK Negeri 5 Bandung. Seminar Nasional Kimia 2023 yang dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2023 ini mengusung tema “Aktualisasi Ilmu Kimia dan Pendidikan Kimia Melalui Pemberdayaan SDM dalam Bidang Teknologi guna Mewujudkan Generasi yang Berdedikasi di Era Society 5.0”. Seminar ini dilaksanakan secara luring di Performance Stage Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. Sesi diskusi yang dipandu oleh 2 moderator, yaitu Metridewi Primastuti, S.Pd., M.Pd. dan Khuswatun Hasanah yang diawali dengan pemaparan materi dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Materi yang disampaikan terbagi menjadi 3 sesi. Materi pertama disampaikan oleh Prof. Dr. Eli Rohaeti, M.Si. (Guru Besar FMIPA UNY) yang membicarakan tentang “Peran Pendidikan Kimia guna Mewujudkan Generasi yang Berdedikasi untuk Mendukung Kemajuan Teknologi di Era Society 5.0”. Materi kedua disampaikan oleh Prof. Dr. Harno Dwi Pranowo, M.Si. (Guru Besar Kimia UGM) dengan membawakan materi “Implementasi Ilmu Kimia dalam Perkembangan Teknologi di Era Society 5.0”. Materi ketiga disampaikan oleh Prif. Dr. Yenny Meliana, M.Si. (Kepala Pusat Riset Kimia Maju, Badan Riset dan Inovasi Nasional). Peserta seminar nasional ini sebanyak 294 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum. Dan di akhiri dengan pengumuman pemenang LKTI Mahasiswa CeC 2023 yaitu Juara 1 oleh Budi Harsono dari Universitas Jenderal Achmad Yani, Juara 2 oleh Feby Abelina dari Institut Pertanian Bogor, Juara 3 oleh Anis Mahmuda Chafsah dari Institut Teknologi Sepuluh November, Best Presentation oleh I Made Gede Ari Kusuma dari Universitas Udayana, Best Paper oleh Anis Mahmuda Chafsah dari Institut Teknologi Sepuluh November, dan Best Poster oleh Apry Aditya Saputra dari Universitas Negeri Yogyakarta. Sedangkan untuk pemenang LKTI siswa SMA/SMK/MA CeC 2023 yaitu Juara 1 oleh Orchidia Ummu Tazkiyah dari SMA Negeri 1 Kaliwungu, Juara 2 oleh Francisco Mahaputra S.M.S. dari SMA Negeri 4 Jayapura, Juara 3 oleh Khaerunnisa Khansa dari MAN 3 Cirebon, dan Best Presentation oleh Novia Nurus Setyowati dari MAN 1 Jombang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi website resmi Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA UNY