Mendekati Era Kecerdasan Buatan

    Di masa kini, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Kecerdasan Buatan atau kerap disebut Artificial intelligence bukan? Artificial intelligence atau AI merupakan bidang studi yang berfokus pada pengembangan sistem dan komputer sehingga dapat menciptakan sistem atau program yang dapat menjalankan tugas, yang biasanya dilakukan oleh kerja dari otak manusia. Artificial intelligence atau AI sudah menjadi topik hangat dalam berbagai bidang untuk beberapa tahun terakhir ini. Teknologi ini sudah banyak diterapkan mulai dari otomotif, medis, hingga kehidupan sehari-hari.

    Artificial intelligence atau AI mencakup teknik yang memiliki tujuan memberikan kemampuan pada sistem dan komputer untuk berpikir yang memungkinkan suatu sistem dapat menganalisis data, mencari informasi, menyelesaikan masalah, dan mengambil keputusan yang tepat secara otomatis tanpa adanya bantuan dari otak manusia. Dalam beberapa tahun terakhir, ada kemajuan di bidang Artificial intelligence. Salah satunya adalah pengembangan pembelajaran mesin (machine learning), yang memungkinkan adanya sistem kecerdasan buatan dalam mempelajari pola dari data dan meningkatkan kinerjanya dari waktu ke waktu. Teknik deep learning seperti artificial neural networking telah memungkinkan sistem kecerdasan buatan dalam menangani tugas kompleks seperti, pengenalan wajah dan ucapan. Sistem kecerdasaan buatan sendiri terbentuk dan dikembangkan menggunakan teknologi algoritma dan model matematika kompleks dengan memanfaatkan teknik neural networking, machine learning, dan pemrosesan alami. 

    Artificial intelligence memiliki dampak yang signifikan di beberapa bidang. Contohnya artificial intelligence telah meningkatkan efisiensi dan produktivitas di industri dan masyarakat. Namun, ada juga kekhawatiran akan tergantikannya pekerjaan manusia oleh mesin, kekhawatiran akan privasi dan keamanan data, serta dampak sosial dari perkembangan teknologi ini. Nah, gimana kalau menurut kalian?


Referensi: https://www.britannica.com/technology/artificial-intelligence 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi website resmi Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA UNY