PPK ORMAWA — HIMA KIMIA FMIPA UNY : “Tim PPK ORMAWA HIMA KIMIA FMIPA UNY Laksanakan Praktek Perakitan dan Penggunaan Alat Spray Anti Hama dengan Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN)"

Program Penguatan Kapasitas Ormawa (PPKO) Hima Kimia FMIPA UNY 2023 melaksanakan praktik perakitan dan penggunaan alat spray anti hama bersama gabungan kelompok tani (Gapoktan). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 9 September di Lumbung Pangan Masyarakat Desa (LPM Desa) Desa Joho, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan pelatihan tata cara perakitan dan penggunaan alat spray anti hama dengan benar. 

  

Alat anti spray anti hama ini diharapkan dapat dimanfaatkan khususnya anggota kelompok tani (Poktan) Desa Joho untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman yang ada di lahan pertaniannya. Alat spray anti hama yang tersebut dapat digunakan dengan dua cara yaitu elektrik dan pompa manual. Untuk spesifikasinya lebih lanjut sebagai berikut:

       Nama : Electric sprayer merk Kimesae 2in1

       Kapasitas : 13,8 Liter

       Tipe Pompa : Diafragma 12V

       Kekuatan Listrik : 1.8-2.2 A

       Input Adaptor : AC 100-240 V, 50-60 Hz

       Output : DC 12V 1.0 A

       Tekanan : 2.5 - 4 Bar

       Tekanan Max : 6 Bar

       Baterai : 12 V DC 8Ah (Aki kering)

       Operasional Normal 8-10 Jam (Teori Estimasi)

       Lama Charging : 4-6 jam

Selain itu, ada juga alat stik sprayer yang terpisah dengan alat utama sebelumnya. Adanya stick sprayer itu diharapkan dapat menjangkau lebih jauh saat melakukan penyemprotan pestisida dan lain-lainnya. Hal ini karena stick sprayer tersebut dapat diatur panjang pendeknya menjadi  ±3 meter. Saat pelaksanaan kegiatan ini, anggota Gabungan  kelompok tani (Gapoktan) juga mendapatkan tambahan informasi mengenai bagaimana perawatan alat spray anti hama dari Bapak Hargo selaku ketua PPL Kecamatan Prambanan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi website resmi Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA UNY