Tahukah Kamu? Ternyata Bayi Gajah seperti Bayi Manusia!

    

Saat masih kecil, seorang bayi terlihat suka menggigit atau mengisap berbagai benda, seperti menghisap ibu jarinya saat akan tidur. Tujuannya agar merasa lebih nyaman dan cepat tidur. Ternyata, kebiasaan itu tidak hanya dimiliki oleh manusia, loh! Seekor gajah ternyata punya kebiasaan yang sama!

Yap, bayi gajah suka mengisap belalai panjangnya, sama seperti manusia yang mengisap ibu jarinya. Hmm, memangnya kenapa ya bayi gajah suka mengisap belalainya sendiri? 

Belalai adalah salah satu ciri khas gajah dan merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupannya. Gajah dapat menggunakan belalai panjangnya untuk memetik daun, rumput, atau buah-buahan dari tanaman. Tak hanya makan, mereka juga bisa menggunakan belalainya sebagai selang untuk minum air dari sungai. Belalai juga digunakan untuk berinteraksi dengan sesama gajah dengan menyentuh belalai satu sama lain. 

Seperti bayi manusia yang sering merasa nyaman dengan mengisap jempolnya, bayi gajah pun sama. Yap, bayi gajah diketahui bisa merasakan kenyamanan dengan mengisap belalainya sendiri. Saat anak gajah tidak menyusu pada induknya, mengisap belalai dianggap sebagai tindakan yang sama. Ini adalah cara mereka meredakan kecemasan dan stres yang bisa terjadi di lingkungan alam yang liar. 

Selain memberi rasa nyaman, mengisap belalai sendiri juga merupakan bentuk pembelajaran bagi bayi gajah. Mereka belajar bagaimana mengontrol dan menggunakan belalai dengan lebih baik lewat mengisap belalainya. Hal ini merupakan keterampilan penting yang akan mereka gunakan sepanjang hidup mereka untuk bertahan hidup. Mengisap belalainya sendiri juga dapat menjadi cara bayi gajah merasa lebih dekat dengan dirinya sendiri. Selain itu, juga untuk mengembangkan hubungan emosional yang akan membantu dalam perkembangan sosial. 

     Wah, ternyata itu alasan bayi gajah suka mengisap belalainya sendiri. Semoga bisa menjawab rasa penasaranmu, ya!


Referensi:

https://kumparan.com/lampu-edison/bayi-gajah-menghisap-belalai-seperti-bayi-manusia-menghisap-jempol-1szd3mvWwV4


https://idenesia.id/bayi-gajah-masukkan-belalainya-ke-mulut-agar-nyaman/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi website resmi Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA UNY