NATIONAL CHEMISTRY FAIR (NaCF) 2024

        


National Chemistry Fair (NaCF) 2024 merupakan program kerja tahunan Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA UNY di bawah naungan Departemen Ilmiah. Di tahun ini, NaCF mengusung tema “Sustainable Development Goals 7: Recovery of Natural Resource Towards The Development of Renewable Energy to Improve National Environmental Stability.” NaCF terdiri dari dua rangkaian kegiatan yaitu Chemistry Competition (CeC) dan Seminar Nasional Kimia. Chemistry Competition (CeC) terdiri dari dua perlombaan yaitu Kompetisi Kimia untuk SMA/SMK/MA sederajat tingkat nasional serta Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) untuk SMA/SMK/MA sederajat dan mahasiswa tingkat nasional.

Kompetisi Kimia CeC 2024 mengusung tema “Kreativitas dan Inovasi dalam Energi Terbarukan sebagai Wadah Eksplorasi Generasi Muda untuk Mewujudkan Sustainable Development Goals 7.” Kompetisi Kimia diikuti oleh 455 peserta dari seluruh Indonesia yang terbagi dalam 15 regional antara lain Yogyakarta, Solo, Semarang, Jakarta, Bandung, Bogor, Purwokerto, Makassar, Surabaya, Malang, Bali, Palembang, Pekanbaru, Samarinda, dan Jayapura. Kompetisi Kimia terdiri dari tiga babak yaitu babak regional, babak semifinal, dan babak final. Babak regional dilaksanakan pada tanggal 11 Februari 2024 secara daring. Babak semifinal dan final dilaksanakan pada tanggal 24 Februari 2024 secara luring di Kampus FMIPA UNY. Babak Semifinal diikuti oleh 60 peserta yang merupakan 2 putra-putri daerah terbaik dari masing-masing regional dan 34 peserta dengan nilai teratas. Selanjutnya dilaksanakan babak final yang terdiri dari dua babak yaitu babak praktikum yang diikuti oleh 10 finalis dan lomba cerdas cermat yang diikuti oleh 5 finalis terbaik. Babak semifinal dan final ini dibuka oleh penampilan tari daerah “Mangastuti,” yang dibawakan oleh Salshabila Salmafitra Herdani dan Prino Nisaul Zakiyyah. Terdapat penampilan hiburan “HIMAKUSTIK” pada sesi istirahat, yang beranggotakan Gerald Erya Navaro sebagai vokalis dan Alya Zahro Mumtaza sebagai gitaris

Pemenang Kompetisi Kimia CeC 2024 antara lain, Juara 1 diraih oleh Baruna Adi Sanjaya dari SMA Cahaya Rancamaya, Juara 2 diraih oleh Naufal Attala Maajid dari SMAN 8 Jakarta, Juara 3 diraih oleh M. Asyiq Manarul H. dari SMA Plus Ar Rahman Bojonegoro, Juara Harapan 1 diraih oleh Ramadhani Adhinata dari MAN 1 Yogyakarta, dan Juara Harapan 2 diraih oleh Gustav Ian S. dari SMAK Plus Penabur Cirebon.

Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) CeC 2024 mengangkat tema “Peran Generasi Muda dalam Penanganan Krisis Energi sebagai Upaya Pengembangan Energi Terbarukan untuk Mewujudkan Sustainable Development Goals 7” dengan mencakup lima subtema diantaranya Lingkungan, Energi Terbarukan, Pendidikan, Teknologi, dan Kesehatan. LKTI CeC 2024 dilaksanakan dalam tiga babak, yang pertama yaitu pengumpulan abstrak yang selanjutnya diseleksi menjadi 50 judul abstrak. Selanjutnya dilakukan pengumpulan full paper yang kemudian diseleksi menjadi 12 full paper terbaik mahasiswa dan 12 full paper terbaik SMA/SMK/MA sederajat untuk mengikuti babak final yang dilaksanakan pada tanggal 8 Maret 2024 secara luring di Gedung PLA dan Gedung W.S. Rendra FBSB UNY. Terdapat kategori Best Poster untuk finalis LKTI Mahasiswa, yang ditentukan dengan sistem voting pada saat Seminar Nasional Kimia 2024. Pada final LKTI terdapat penampilan tari daerah “Mangastuti” yang dibawakan oleh Angela Gusti Dhyan Cahyaningrum dan Ika Fajar Setyawati. Selain itu, terdapat penampilan hiburan “HIMAKUSTIK” yang beranggotakan Julianne Sharon Pawestri sebagai vokalis dan Nirmala Aurelia sebagai gitaris.

Seminar Nasional Kimia 2024 dilaksanakan pada tanggal 9 Maret 2024 dengan mengusung tema “Implementasi Ilmu Kimia dan Pendidikan Kimia Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Energi Terbarukan Melalui Kontribusi Intelektual Muda untuk Mewujudkan Sustainable Development Goals 7”. Seminar ini dilaksanakan secara luring di Gedung IDB FISHIPOL UNY dan diikuti oleh 285 peserta. Seminar Nasional Kimia 2024 dibuka dengan penampilan tari daerah “Gambyong Mari Kangen,” yang dibawakan oleh Erlina Dyah Indraswari dan Syafrila Naura Raihanah. Sesi diskusi dalam Seminar ini dipandu oleh 2 moderator, yaitu Ibu Yunilia Nur Pratiwi, M.Pd. dan Salma Hurul Aini yang diawali dengan pemaparan materi dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Materi pada Seminar Nasional Kimia 2024 terbagi menjadi 3 sesi. Materi pertama disampaikan oleh Dr. Cahyorini Kusumawardani, M.Si. (Dosen Departemen Pendidikan Kimia FMIPA UNY), yaitu tentang “Peran Pendidikan Kimia dalam Pengembangan Penelitian Berbasis Energi untuk Memperbaiki Stabilitas Lingkungan”. Materi kedua disampaikan oleh Keynote Speaker, Prof. Dr. rer. nat. Evvy Kartini (Founder of National Battery Research Institute), dengan materi “Pengelolaan Efektivitas Energi Terbarukan dalam Upaya Mewujudkan SDG’s Program.” Materi ketiga disampaikan oleh Dr. Ahmad Agus Setiawan, S. T., M.Sc., Ph.D. (Dosen Fakultas Teknik Nuklir dan Teknik Fisika UGM), yaitu “Optimalisasi Kualitas Energi Terbarukan Melalui Peran Ilmu Kimia Guna Terwujudnya SDG’s Program.” Seminar Nasional ini dihadiri sebanyak 203 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum. Pada akhir acara Seminar Nasional terdapat pengumuman pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah CeC 2024. 

Pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) CeC 2024 untuk kategori SMA/SMK/MA sederajat antara lain, Juara 1 diraih oleh Arkana Rizky Faviansyah, Bintang Anugerah Dliyaul Ishlah, dan Muhammad Agistyo Addituang Nadir dari SMAN 1 Malang; Juara 2 diraih oleh Ardhi Nurus Sa’id, Febrian Nur Syahroni, dan Reyhan Desta Pratama dari SMK Bhina Tunas Bhakti Juwana; Juara 3 diraih oleh Mulisa Kusuma Wardani dan Farras Nabila Zahra dari MAN 4 Bantul; serta Best Paper diraih oleh Muhammad Rizky Aditya, Zidan Halim, dan Ahmad Husain dari SMKN 1 Paringin. Pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) CeC 2024 untuk kategori mahasiswa antara lain, Juara 1 diraih oleh Immanuel Nathanael Lumban Gaol, Nurul Bunga Kurnia, dan Henky Aden Saputra dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember; Juara 2 diraih oleh Praya Djiwangkoro Aji Munandar, Alya Pangestu, dan Intan Kristianingsih dari Universitas Diponegoro; Juara 3 diraih oleh Andreas Ary Chrisna Jati, Fio Febrian, dan Maulana Aziz dari IPB University; Best Paper diraih oleh Tiara Ashari, Ahmad Ali Muckharom, dan Atin Nur Siti Khotimah dari Universitas Diponegoro ; serta Best Poster diraih oleh Muhamad Rizky Hadiningrat, Dian Narmada Asri, dan Nurul Inayati dari Universitas Negeri Yogyakarta.

Seminar Nasional Kimia 2024 ditutup dengan penampilan hiburan dari “HIMAKUSTIK,” yang beranggotakan Aninda Alivia Trisna W. sebagai vokalis, Septian Immanuel Silaban sebagai gitaris, Essa Jalu Prakoso Haryo Kesuma sebagai bassist, dan Muhammad Ilyas Asyhari sebagai cajonist.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi website resmi Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA UNY