Apa sih Bintik Bintik Yang Muncul Pada Mata?


     


         Floaters atau bintik-bintik mengambang dalam penglihatan adalah fenomena yang umum terjadi pada mata manusia. Fenomena mata ini sering digambarkan sebagai bayangan atau titik-titik kecil yang tampak bergerak mengikuti mata bergerak. Sebenarnya apa sih Floaters itu? Floaters adalah partikel kecil yang melayang di dalam cairan vitreous, yaitu gel bening yang mengisi bagian dalam mata. Ketika cahaya masuk ke mata, bayangan dari partikel-partikel ini jatuh ke retina dan menyebabkan kita melihat bintik-bintik atau bentuk-bentuk kecil yang tampak melayang dalam bidang pandang kita. Biasanya, mereka terlihat paling jelas ketika kita melihat latar belakang yang terang dan polos, seperti langit biru atau dinding putih.

              Pasti sering dong mengalami floaters, penasaran apa yang menyebabkan terjadinya floaters ini? Ada beberapa faktor yang menyebabkan floaters, diantaranya adalah: 

  1. Penuaan

  2. Robekan atau pelepasan retina

  3. Peradangan pada mata.

  4. Pendarahan di mata

  5. Operasi atau cedera mata


Floaters adalah fenomena umum yang biasanya tidak berbahaya, tetapi bisa menjadi tanda kondisi mata yang serius. Gejala utama floaters adalah munculnya bayangan atau bentuk-bentuk kecil dalam penglihatan yang bergerak saat mata bergerak, dapat berupa seperti titik-titik hitam/abu, garis melengkung atau lurus seperti cacing, berbentuk jaring laba-laba, dan bentuk geometris lainnya. Jika floaters muncul tiba-tiba, bertambah banyak, atau disertai dengan kilatan cahaya, segera periksa atau berkonsultasi dengan dokter mata, karena bisa menjadi salah satu tanda masalah serius seperti robekan atau pelepasan retina.


Lalu, bagaimana cara mengatasi atau memberi pencegahan fenomena mata ini? Tidak ada cara pasti untuk mencegah floaters karena fenomena mata ini sering kali merupakan bagian alami dari penuaan. Namun, menjaga kesehatan mata dengan menghindari cedera mata, mengelola kondisi medis seperti diabetes, mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin untuk kesehatan mata, dan menjalani pemeriksaan mata rutin dapat membantu mendeteksi masalah mata lebih awal







Source

Ansorge, Rick., Gatta, Frances., dan Gopal, Amy. 2024. “Eye Floaters: Causes, Symptoms, and Treatment”, https://www.webmd.com/eye-health/benign-eye-floaters diakses pada 3 Juni 2024 pukul 00.47.

Hill, Alyssa. 2024. “What Are Eye Floaters and Are They Dangerous?”, https://www.visioncenter.org/conditions/eye-floaters/ diakses pada 3 Juni 2024 pukul 00.14.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi website resmi Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA UNY